politeethics


Buka Mata, 2012 Bergolak
January 24, 2012, 7:43 am
Filed under: Catatan Cuma

Tumbangnya para diktator pada tahun 2011 seolah mengingatkan kita akan romantisme 1998. Indonesia telah menjalani pergerakan seperti itu akhir abad 20, kurang lebih 13 tahun sebelum Arab bergolak. Hasilnya ialah reformasi demokrasi. Kebebasan yang dahulu ‘terenggut’ dari masyarakat Indonesia setidaknya telah dinikmati. Namun begitu, 2011 mewarnai Indonesia dengan morat-maritnya perjuangan memberantas korupsi. Gayus Tambunan, Wa Ode Nurhayati , Nazaruddin, hingga Nunun Nurbaeti menjadi pemeran sentral dalam drama korupsi Indonesia. Hasilnya, Indonesia masih bertahan di papan atas negara terkorup di dunia. Tapi setidaknya 2011 ‘memulihkan’ perekonomian Indonesia. Hal ini terlihat dari pertumbuhan ekonomi yng mencapai 6,5 % hingga capaian investment grade di penghujung 2011. Pencapaian tersebut akan mempengaruhi drama politik Indonesia 2012.

2012 akan menjadi tahun  manuver, pencitraan politik, dan tahun pergulatan politik dan hukum di Indonesia. Disebut tahun manuver karena diperkirakan sekretariat gabungan yang diharapkan menyokong pemerintahan SBY-Boediono akan menyulut api ketegangan yang lebih membara. Perbedaan pendapat mulai dari masalah Century, RUU Keistimewaan Yogyakarta, ataupun Pansus Hak Angket mafia pajak diperkirakan akan semakin meruncing karena 2012 menuntut sikap yang tegas dari tarik ulur komitmen di sekretariat gabungan.  Belum lagi pergolakan parliamentary threshold yang sedang hangat dibahas untuk pemilu 2014.

Pencitraan politik juga akan semakin kasat mata. Dalam hitung-hitungan politik, ini berarti 2 tahun menjelang pesta demokrasi Indonesia. Masyarakat tidak perlu khawatir untuk tahun 2012. Apapun kesulitan yang mungkin dihadapi, masyarakat tidak akan berjalan sendiri. Tahun 2012 akan menjadi tahun ketika para politisi yang berkuasa akan menunjukkan etikanya, akan ‘hadir’ di tengah-tengah masyarakat. Tidak lupa, bagi politisi yang percaya, 2012 akan menjadi tahun pertobatan massal karena isu kiamat yang telah digembor beberapa waktu sebelumnya. Dan ingat, hati-hati ketika menonton TV di 2012, karena akan banyak aksi ‘jual diri’ yang kita sebut kampanye terselubung, apalagi kalau bukan untuk 2014. Partai politik atau tokohnya akan terlihat eksistensinya. Bisa jadi SBY akan menyelesaikan masalah yang belum terselesaikan atau sengaja untuk tidak diselesaikan di tahun ini. Tujuan tersiratnya sudah pasti untuk suara di 2014. Selain itu, pergulatan politik akan cukup menggoyahkan pemerintah di tahun 2012. Kita tidak lupa bahwa 2011 ditutup dengan aksi bakar diri Sondang Hutagalung yang dinilai akan memicu pergerakan mahasiswa. Pergerakan itu telah mulai disulut di tahun 2011 dan apabila pemerintah tidak awas, maka pergerakan besar-besaran akan dihelat untuk memaksa SBY turun tahta. Korupsi yang merajalela juga akan menghinggapi cerita Indonesia di tahun 2012. KPK dengan armada baru akan diuji loyalitasnya membongkar kebobrokan yang disembunyikan selama ini. 2012 akan menjadi momen yang sempurna, apalagi dengan kabar yang memberitakan bahwa meningkatnya grade perekonomian Indonesia. Ya, tahun 2012 adalah tahun yang sempurna untuk terjadinya manuver, pencitraan, dan pergulatan politik dan hukum di Indonesia.

Tapi Indonesia harus benar-benar mengudara mulai tahun 2012. Jayalah !

Advertisements

Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s



%d bloggers like this: